Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Materi Keberagaman Wujud Benda pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Retno Indah Susilowati

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Materi Keberagaman Wujud Benda Pada Siswa Kelas II SDN 2 Banyuurip Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik materi keberagaman wujud benda pada siswa kelas II SDN 2 Banyuurip Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 2 Banyuurip Tahun Pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 20 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif, sedangkan analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar tematik materi keberagaman wujud benda pada siswa kelas II SDN 2 Banyuurip tahun pelajaran 2021/2022. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60 %, siklus II sebesar 90 %. Jadi, model pembelajaran PBL dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar tematik materi keberagaman wujud benda pada siswa.

Keywords

Hasil Belajar, Model Pembelajaran PBL, Materi Beberagaman Wujud benda

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.