Increasing Achievement in Learning Mathematics for KPK and FPB Materials Through the Application of The Numbered Head Together (NHT) Method to Students in Class IV SD Negeri 1 Gerdu

Zulia Lestari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Matematika materi KPK dan FPB melalui metode Numbered Head Together (NHT). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Gerdu Kecamatan Pecangaan yang berjumlah 33 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui proses perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, dan refleksi. Berdasarkan hasil tes formatif pada penelitian tindakan kelas ini, hasil Pra siklus 6 peserta didik yang tuntas dengan persentase 18%. Pada siklus 1 ketuntasan meningkat menjadi 61% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 92% peserta didik yang tuntas, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Gerdu Kecamatan Pecangaan.

Keywords

Prestasi Belajar, KPK dan FPB, Numbered Head Together (NHT)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.