The Use of Problem Based Learning (PBL) Learning Models on The Learning Outcomes of Fifth Grade Students at SD N Kaliputih

Tri Widayanti

Abstract

Permasalahan yang sering dijumpai dalam proses pembelajaran, yaitu aktivitas belajar peserta didik yang tidak bermakna sehingga menyebabkan peserta didik cenderung diam atau pembelajaran hanya berpusat pada guru. upaya yang dilakukan penulis untuk meningkatkan minat belajar peserta didik demi tercapainya hasil belajar yang optimal adalah menerapkan suatu pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan media pembelajaran yang inovatif yang sifatnya melibatkan kelompok kecil untuk saling bekerja sama. Dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar, penulis menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model spiral. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan hasil belajar peserta didik sebelum diberikan model PBL dengan setelah diberikan pengajaran dengan model PBL, yaitu hasil belajar peserta didik meningkat.

Keywords

Problem Based Learning, Hasil belajar, Keaktifan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.