Application of Problem-Based Learning Model in Integrated Thematic Learning In Elementary School
Abstract
Penelitian ini bermanfaat dalam menjelaskan pelaksanaan model belajar mengajar pada pembelajaran tematik terpadu sekolah dasar. Pemasalahan yang ada adalah Peserta didik kurang interaktif karena pelajaran ini selalu dimotivasi oleh pembelajaran teacher-centric (berpusat pada guru), guru tidak memberikan pengalaman langsung, dan pembelajaran tampak kurang fleksibel. Pelaksanan model pembelajaran berbasis masalah atau lebih dikenal dengan PBL (Problem based Learning) yaitu model belajar mengajar yang memaparkan peserta didik pada permasalahan konkrit dalam kehidupan saat belajar. Permasalah disajikan untuk peserta didik lalu mereka memahami konsep dan materi yang berhubungan terkait masalah tersebut. Oleh karena itu, untuk memecahkan masalah ini, peserta didik memerlukan wawasan baru untuk belajar bagaimana mengatasi permasalahan yang disajikan guru. Model ini berpusat pada peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode literature review (pencarian dokumen) untuk menyempurnakan analisis dari berbagai sumber yang digunakan. Artikel dicari menggunakan jurnal online di Google Scholar sebagai data hasil penelitiannya. Kata kunci yang dapat di manfaatkan dalam pengamatan jurnal tersebut yaitu proses belajar mengajar berbasis masalah atau PBL, model belajar mengajar tematik terpadu di Sekolah Dasar. Hasil analisis artikel pelaksanaan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dikatakan efektif jika diterapkan pada pembelajaran terpadu tematik di tingkat Sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.