Increasing Mathematics Learning Outcomes on Fraction Materials Using the Demonstration Method in Class 5 Students of Elementary School Kalicari 02 Kota Semarang
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan karena adanya masalah dalam proses pembelajaran matematika materi pecahan kelas 5 yang ditandai dengan adanya beberapa hasil evaluasi peserta didik yang berada dibawah nilai KKM.Tujuan penelitian tindakan kelas ini di lakukan pada kelas V di SDN Kalicari 02 untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas 5 sekolah dasar. Dalam penelitian ini penulis melakukan 2 siklus untuk mendapatkan nilai hasil evaluasi peserta didik di atas KKM. Hasil data penelitian dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami kenaikan, yaitu pada siklus 1 peserta didik yang mendapatkan nilai di atas KKM sekitar 67% dan pada siklus ke 2 mengalami kenaikan menjadi 83%. Peningkatan hasil evaluasi peserta didik tidak lepas dari pengaruh guru dalam memberikan pembelajaran yang tepat, yaitu dengan menggunakan metode demonstrasi yang sesuai dengan materi. Kesesuaian metode yang digunakan mempengaruhi hasil belajar peserta didik sehingga hasil yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.