Improving Learning Outcomes for PKn Materials on Pancasila Symbols Through the Make a Match Model

Dyah Putri Utami Rahmat

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dalam proses pembelajaran PKn banyak terlihat siswa yang kurang aktif dan sibuk sendiri tanpa memperhatikan penjelasan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa muatan PKn materi simbol Pancasila dengan penerapan model make a macth. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil analisis tingkat aktivitas siswa untuk siklus I dikategorikan baik dengan persentase 67,10% sedangkan pada siklus II dapat dikategorikan baik sekali dengan persentase 88,75%. Dari hasil tes siklus I hanya terdapat 18 (64,28%) siswa yang mencapai ketuntasan secara individu. Jika dilihat secara klasikal ini juga belum tuntas karena terdapat 10 (35,72%) siswa yang belum mencapai ketuntasan sedangkan ketuntasan hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan, dari hasil persentase nilai yang diperoleh yaitu 25 (89,28%) siswa yang mencapai ketuntasan sedangkan 3 (10,72%) siswa yang tidak tuntas. berdasarkan hasil penelitian di atas, bahwa penggunaan model pembelajaran Model Make a Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn.

Keywords

hasil belajar, pkn, model pembelajaran kooperatif tipe make a match

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.