Efforts to Improve Science Learning Outcomes Through Cooperative Learning Models Think Pair Share
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatan hasil belajar tema selalu berhemat energi tentang berbagai sumber energi melalui model pembelajaran cooperatif learning tipe think pair share pada siswa kelas IV SD Kemala Bhayangkari. Penelitian ini dilakukan melalui proses pengkajian berdaur (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kinerja belajar siswa mengalami peningkatan setelah pembelajaran IPA menggunakan model belajar cooperating learning Tipe Think Pair Share. (2) Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah pembelajaran dengan media gambar. Pada studi awal siswa yang tuntas belajar 13 siswa dari 22 siswa atau 59,09%, pada siklus pertama meningkat menjadi 15 siswa atau 68,18% dan pada siklus kedua keaktifan dan kemampuan belajar siswa lebih maksimal mencapai 86,36%. Berdasarkan nilai yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan model belajar cooperating learning Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal tentang berbagai sumber energi bagi siswa kelas IV SD Kemala Bhayangkari Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2021/2022.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.