Improving the Society Learning Outcomes About the Diversity of Nations and Culture in Indonesia Through the Game Learning Method In Class V SD Negeri Cinangka 02 Kota Depok

Ade Yuda Pratama

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan karena adanya masalah dalam proses pembelajaran yang ditandai dengan adanya beberapa hasil evaluasi peserta didik yang berada dibawah nilai KKM, hasil nilai evaluasi peserta didik pada prasiklus hanya berjumlah 24 % dari 34 peserta didik yang mendapatkan hasil evaluasi diatas KKM.. Maka dari itu penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan bantuan dari teman sejawat. Penelitian ini di lakukan pada kelas V di sdn Cinangka 02 yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan Metode Pembelajaran Permainan (Games) pada pembelajaran IPS tentang Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia. Dalam penelitian ini penulis melakukan 2 siklus untuk mendapatkan nilai hasil evaluasi peserta didik di atas KKM. Hasil data penelitian dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami kenaikan, yaitu pada siklus 1 peserta didik yang mendapatkan nilai di atas KKM sekitar 43 % dan pada siklus ke 2 mengalami kenaikan menjadi 82 %. Peningkatan hasil evaluasi peserta didik tidak lepas dari pengaruh guru dalam memberikan pembelajaran yang tepat, yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran permainan (games), serta alat peraga yang sesuai dengan materi. Kesesuaian metode yang digunakan mempengaruhi hasil belajar peserta didik sehingga hasil yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan.

Keywords

Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Metode Permainan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.