Analysis of Learning in the Time of The Covid-19 Pandemic

Sri Mulyani

Abstract

Perubahan pola pembelajaran saat ini terlihat masif dilakukan di semua jenjang pendidikan akibat pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis studi literature studi pustaka pembelajaran online berbasis proyek di tengah pandemi Covid-19 yang berefek pada kebijakan belajar di rumah. Sistem pembelajaran online berbasis proyek memberikan banyak peluang untuk mengakses bahan ajar oleh warga pembelajar. Metodologi penelitian dengan melakukan literature review dari beberapa artikel dengan mempergunakan google scholar dan sciencedirect, mengisihkan 29 artikel dengan kata kunci pembelajaran dan pandemic covid 16. Hasil review pada 8 artikel internasional dan 17 nasional menyebutkan kendala yang ditemukan dengan cara pembelajaran virtual adalah kesulitan dengan jaringan quota, strees dengan tugas pelajaran dengan deadline waktu yang singkat dan keinginan siswa untuk ketemu guru di dalam kelas, sementara untuk beberapa hal yang positif yaitu tanggung jawab dari siswa dengan tugas yang diberikan, meningkatkan motivasi baik guru juga siswa dan mahasiswa dalam mempergunakan media online dalam proses pembelajaran. Simpulan: Proses pembelajaran yang paling diminati dengan mempergunakan whatsapp dan Zoom, kendala yang ditemui meningkatnya stress siswa maupun guru, dinegara maju dan Indonesia guru sudah membuat suatu model khusus untuk pembelajaran dalam jaringan.

Keywords

Siswa, Pembelajaran, pandemik, covid 19

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.