Character Education of Students During the Covid-19 Pandemic in Elementary School

Sri Haryani

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitiaan ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter, nilai-nilai karakter, strategi, penilaian, peran guru dan orang tua dalam pendidikan karakter selama masa Covid-19 di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu metode penelitian dengan menganalisis data yang relevan dengan tujuan penelitian dengan menyajikan data secara mendalam. Data penelitian diperoleh dari dokumen-dokumen dalam bentuk buku, jurnal, prosiding, laporan penelitian yang relevan dengan topik penelitian ini. Penelitian ini menemukan bahwa guru melaksanakan pendidikan dalam proses pembelajaran bahkan diprioritaskan oleh sekolah. Pendidikan karakter dibutuhkan oleh siswa yang belajar dari rumah. Guru melaksanakan penilaian karakter dan menyesuaian dengan kondisi siswa dan situasi Covid19. Berdasarkan informasi yang didapat penelitian ini menemukan bahwa pendidikan karakter tidak bisa diabaikan dalam masa pandemi Covid-19 bahkan dilaksanakan secara konsisten nilai karakter yang ditanamkan disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan kondisi Covid-19 seperti nilai religius, kesehatan, kemandirian, tanggung jawab, toleransi, dan kemandirian, kerja keras, peduli lingkungan.

Keywords

pendidikan, karakter, nilai-nilai, covid-19, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.