Problem Based Learning (PBL) Model in Mathematics Class II in Elementary School

Paulina Astri Kurniawati Sungkana

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk dapat menciptakan proses pembelajaran yang aktif, guru perlu meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran, salah satunya dengan mengadakan variasi dalam mengajar agar tercipta proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sehingga siswa dapat termotivasi dalam belajar yakni dengan menggunakan model pembelajaran matematika kelas II di Sekolah Dasar. Mengetahui pentingnya penerapan model Problem Based Learning dalam Proses pembelajaran matematika kelas II di Sekolah Dasar. Kegiatan Belajar Mengajar masih menggunakan model konvensional, dimana guru mendominasi proses pembelajaran. Siswa sendiri hanya menerima informasi yang disampaikan oleh guru. Akibatnya siswa dalam proses pembelajaran cenderung pasif, hal ini disebabkan kurangnya pemahaman matematis yang dimiliki siswa. Proses pembelajaran matematika di Sekolah Dasar perlu adanya interaksi yang aktif antara guru dan siswa. Guru tidak mendominasi pembelajaran, keterlibatan siswa secara aktif juga sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran bermakna yakni menggunakan model pembelajaran matematika yang dapat merangsang rasa ingin tahu siswa dalam belajar yaitu salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.

Keywords

Matematika, Problem Based Learning, Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.