Using the SAS (Structural Analytic Synthetic) Method to Improve Reading Ability in Class 1 SD

Sri Agustini Kusmaningsih

Abstract

Metode SAS (Stuktural Analitik Sintetik) merupakan salah satu metode untuk belajar membaca dan menulis permulaan (MMP) untuk peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar. Pada proses pembelajarannya metode SAS (Stuktural Analitik Sintetik) diawali dengan memperkenalkan sebuah huruf, lalu sebuah kalimat utuh, kata menjadi suku kata, suku kata menjadi huruf kemudian dilanjutkan menjadi proses sintetik. Hasil penguraiannya dikembalikan dengan urutan huruf yang berupa suku kata, gabungan suku kata menjadi kata, dan gabungan kata menjadi kalimat utuh. Metode SAS (Stuktural Analitik Sintetik) adalah salah satu metode yang mempunyai beberapa proses penting yaitu menghubungkan huruf menjadi kata kemudian kata diuraikan lagi dan menggabungkan kembali huruf pada stuktur semula. Selain penggunaan metode SAS (Stuktural Analitik Sintetik) untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan (MMP) khususnya peserta didik kelas 1 SD dibutuhkan juga bimbingan, pengawasan dan peran serta orang tua di rumah yang lebih intensif agar proses belajar membaca anak bisa cepat terlaksana dengan baik. Sesuai dengan prinsif inkuiri (menemukan sendiri) peserta didik diarahkan untuk mengenal dan memahami sesuatu berdasarkan apa yang ditemukannya secara langsung oleh diri mereka sendiri.

Keywords

elementray school, reading ability, SAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.