Improving Student Activities and Learning Outcomes With Make A Match Learning Model on How to Deal With Natural Disasters

Puji Candrawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengajar bagi guru kelas VI di Gugus Ki Hajar Dewantoro. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian tindakan, menggunakan dua. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Kutosari 01 Kecamatan Gringsing dan objek penelitiannya adalah aktifitas dan hasil belajar siswa. Teknik analisis yang dipergunakan adalah analisis diskriptif komparatif. Kondisi awal kemampuan siswa kelas VI di SD Kutosari 01 Kecamatan Gringsing. Dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match diharapkan dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Ternyata setelah guru menggunakan model pembelajaran Make A Match diketahui terjadi peningkatan kemampuan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas VI SD Kutosari 01 Kecamatan Gringsing dalam mempelajari pelajaran IPS materi mengenal cara-cara menghadapi bencana alam di Indonesia. Terbukti dengan adanya peningkatan dari kondisi awal aktifitas 40% (rendah ) meningkat menjadi 73% (tinggi ) pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 81% (sangat tinggi) pada siklus 2. Demikian juga untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari ketuntasan belajar 35% ( rendah) pada kondisi awal meningkat menjadi 73% (tinggi ) pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 81% (sangat tinggi) pada siklus 2.

 

Keywords

aktifitas, hasil belajar, model Make A Match

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.