Improving The Understanding of The Concept of Grouping Animals Based on Food Types Through Utilization of The Surrounding Natural Environment As A Learning Resource for Grade V Elementary School Students

Agustina Agustina

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 5 Ekosistem Sub Tema 1 Komponen Ekosistem Pembelajaran 2 di kelas V SD Negeri Sirahan 01 tahun pelajaran 2021/2022 dengan memanfaatkan lingkungan alam sekitar tempat tinggal. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan selama dua siklus. Di dalam setiap siklusnya terdapat proses perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refklesi. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sirahan 01 dengan subjek penelitian adalah 5 siswa di kelas V tahun pelajaran 2021/2022. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang diigunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah lembar observasi ketuntasan hasil belajar siswa dan soal tes evaluasi. metode analisis data yang digunakan adalah analisis dekriptif. Dari pelaksanaan kegiatan mendapatkan hasil peningkatan siswa dalam hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah sebesar 55 meningkat menjadi 80 pada siklus II. Presentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 33% meningkat menjadi 83% pada siklus II dari keseluruhan siswa kelas V yaitu 5 siswa . Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa setelah memanfaatkan lingkungan alam sekitar tempat tinggal pada Tema 5 Ekosistem Sub Tema 1 Komponen Ekosistem Pembelajaran 2.

Keywords

Lingkungan, Hasil belajar, Ekosistem, Kualitas pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.