Application of Problem-Based Learning Model to Improve Science Learning Outcomes in Grade V Elemantary School Students

Sukarman Sukarman

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Prigi tahun ajaran 2020/2021 pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 2 Prigi tahun 2020/2021 yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain: observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 2 Prigi tahun ajaran 2020/2021. Meningkatnya hasil belajar pada siswa dapat terlihat disetiap siklusnya, rata-rata persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I rata-rata 86,84% sedangkan rata-rata persentase pada siklus II adalah 97,37%, oleh karena itu dapat dikatakan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 10,53%. Maka penerapan model pembelajaran berbasis dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Prigi. Jadi, model pembelajaran berbasis merupakan salah salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPA.

Keywords

Pembelajaran berbasis masalah, Hasil belajar, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.