Scientific Approach-Based Learning as Provision for The 21st Century Generation in The Pandemic Period

Siti Fatimah Udiarti

Abstract

Keterampilan abad 21 dibedakan menjadi empat atau kita kenal dengan istilah 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Creative Thinking and Innovation, Collaboration, Communicatin). Keterampilan berpikir kritis dapat diimplementasikan dengan pembelajaran berbasis pendekatan Saintifik. Pembelajaran berbasis pendekatan Saintifik dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menghadapi tuntutan abad ke 21. Pembelajaran Pendekatan Saintifik tetap dapat diterapkan di masa pandemi ini dengan daring/tatap maya. Guru dapat memanfaatkan berbagai aplikasi digital yang dapat digunakan sebagai penunjang proses belajar mengajar. Sehingga, guru perlu meningkatkan kreativitas dan inovasi agar anak didik tetap fokus memahami materi yang disampaikan. Keadaan ini dapat dijadikan motivasi oleh guru untuk mengemas sajian materi semenarik mungkin dan inovatif, serta kreatif.

Keywords

Keterampilan Abad 21, Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik, Pandemi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.