Teacher Emotion Management
Abstract
Manajemen kecerdasan emosional merupakan salah satu perhatian yang penting bagi dunia pendidikan, guru yang bertanggung jawab untuk mendidik, mengajar, melatih, dan diharapkan memiliki manajemen kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kecerdasan emosional guru mengatasi kenakalan remaja pada peserta didik . Metode penelitian ini menggunakan kajian pustaka yaitu dengan mengumpulkan berbagai sumber referensi yang berkaitan dengan manajemen kecerdasan emosional dalam mengatasi kenakalan remaja, data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Terjadinya kenakalan remaja pada diri peserta didik adalah kurangnya kecerdasan emosi guru dalam memahami, memperhatikan, berkomunikasi secara efektif dan perasaan yang kurang peka terhadap remaja yang mengakibatkan Peserta didik kurang dapat mengalirkan bakat, minat, dan kreativitasnya sehingga peserta didik sebagai remaja mengekspresikan keinginannya dengan kegiatan-kegiatan yang melanggar norma, baik norma hukum, sosial, adat, dan agama. Hasil penelitian ini menemukan adanya kenakalan remaja yang disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal antara lain kecerdasan emosional guru.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.