Application of Blended Learning Model With Video Media to Increase Student Learning Outcomes In The Materials of The Prayer of Pancasila

Nurfaiyah Nurfaiyah

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Pulosari 1 Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa adalah pendekatan pembelajaran yang masih bersifat konvensional, sehingga membuat siswa pasif dalam pembelajaran yang berpengaruh terhadap hasil belajarnya.Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui pendekatan TPACK pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pulosari 1 Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan jumlah siswa 29 anak. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, teknik analisis data yang digunakan menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 62% atau 18 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal dari 29 siswa sedangkan pada siklus 2 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 93% atau 27 siswa dari 29 siswa. Adapun peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 21%, dan siklus 1 ke siklus 2 sebesar 31%.

Keywords

model pembelajaran campuran, hasil belajar, PPkn

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.