Application Of The Problem Based Learning Model To Increase Mathematics Learning Results In Class II Students' Distribution Materials Of SDIT Alam Al Hikmah

Alistiyani Alistiyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika siswa sekolah dasar yang menerapkan dengan model problem based learning. Penelitian dilaksanakan di kelas II SDIT Alam Al Hikmah Kecamatan Secang Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan teknik analisis data penelitian yang sudah ada sebelumnya. Data yang dihimpun melalui data artikel dan jurnal. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu metode sintesis kuantitatif, selanjutnya teknik yang dipakai adalah telaah Pustaka.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning pada mata pelajaran matematika materi pembagian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menelusuri jurnal melalui Google Cendekia. Kata kunci yang digunakan untuk penelusuran jurnal adalah: peningkatan hasil belajar matematika materi pembagian SD kelas 2, problem based learning. Dari model problem based learning dipilih 10 hasil penelitian untuk dianalisis lebih lanjut dalam bentuk %. Berdasarkan hasil analisis dari 10 hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Peningkatan hasil belajar dari yang terendah 5 % sampai yang tertinggi 40%, dengan rata-rata 22,9 %.

Keywords

Hasil belajar, matematika materi pembagian, problem based learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.