Analysis of The Causes of The Low Basic Mathematics Ability of Students In Mathematics Current Class V SD Negeri 01 Bukur

Deddy Aprilianto

Abstract

Rendahnya Kemampuan Dasar Matematis siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas 5 SD Negeri 01 Bukur Kec. Bojong Kab. Pekalongan disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang inovatif dan kurangnya pemberian contoh yang mengaitkan antara materi pembelajaran dan konteks kehidupan nyata. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan Rendahnya Kemampuan Dasar Matematis siswa kelas V SD Negeri 01 bukur tahun pelajaran 2022/2023 pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Sebelum dilaksanakan penelitian kemampuan matematis siswa dirasa masih rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran melalui model Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap partisipasi sehingga meningkatkan Kemampuan Dasar Matematis siswa meningkat signifikan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan Kemampuan Dasar Matematis siswa kelas V SD Negeri 01 bukur Kec. Bojong Kab. Pekalongan

Keywords

peningkatan matematika, problem based learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.