Improvement Of Motivation And Learning Achievement Through Cooperative Learning Stad Materials Of Number Counting Operations Class IV SD Negeri 2 Pagentan

Dewi Artiningsih

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan meningkatkan prestasi belajar. Subyek penelitian 16 siswa terdiri dari laki-laki 8 anak dan perempuan 8 anak. Peneltian dilakukan selama 2 (dua) siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1). Planning, 2). Acting, 3). Observasi dan 4). Reflecting. Data penelitian ini adalah data tentang kemampuan motivasi dan prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi dan metode tes. Instrumen pengambilan data dengan lembar pengamatan untuk mengetahui kempuan motivasi, dan butir soal tes formatif untuk mengetahui prestasi belajar. Teknik analisis data dengan menggunakan metode deskripti komparatif yaitu membandingkan pra siklus dan antar siklus. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pada siklus I: kemampuan motivasi 18,75% siswa kategori tinggi. Kemampuan prestasi belajar 18,75 % siswa kategori tinggi.Prestasi belajar rata-rata 58. Siklus II kemampuan motivasi 94 % siswa kategori tinggi. Kemampuan prestasi belajar 94 %siswa kategori tinggi. Prestasi belajar rata-rata 78. Berdasarkan hasil analisis data pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan kemampuan motivasi dan prestasi belajar.

Keywords

motivasi, prestasi belajar,Kooperatif STAD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.