Improving The Learning of Basic Passing Techniques With The Assistance of Se- Pay Tutors For Class V Students Of SD Negeri Kutawaru 03 Academic Year 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran teknik dasar passing atas dengan bantuan tutor sebaya untuk siswa Kelas V SD Negeri Kutawaru 03 pada Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian Tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kutawaru 03 yang berjumlah 28 siswa.Instrument yang diguanakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja passing atas siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil pembelajaran teknik dasar passing atas dengan bantuan tutor sebaya ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata siswa pada kondisi awal sebesar 67,9 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 28,6%, dengan nilai ketuntasan minimal (KKM) adalah 75. Kondisi tersebut mengalami peningkatan pada siklus I yaitu nilai rata-rata siswa naik menjadi 73 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 53,6%. Hasil siklus I menunjukkan adanya peningkatan dari kondisi awal. Akan tetapi, hasil pada siklus I belum memenuhi target yang sudah ditetapkan sebelumnya. Setelah melanjutkan penelitian ke siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 76,2 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 78,6%.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.