Improving Learning Outcomes of Mathematics Operations Counting Integers with the STAD Cooperative Learning Model Class V SD Negeri Bintoro 07 Demak Regency

Slamet Widodo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar melalui penerapan Model Cooperative Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Kompetensi Dasar Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas V SD Negeri Bintoro 07. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD sebanyak 21 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan data data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan Model Cooperative Tipe STAD. Aktivitas belajar secara umum mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II. Sebelum menggunakan Model Cooperative Tipe STAD hasil ketuntasan belajar siswa hanya 52% (11 siswa), setelah menggunakan Model Cooperatif Tipe STAD hasil ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 62% (15 siswa) dan menjadi 90% (19 siswa) pada siklus II. Perbaikan pembelajaran siklus I dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 6 Oktober 2021, dan siklus II pada hari Selasa, tanggal 12 Oktober 2021. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa pengunaan Model Cooperative Learning Tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa.

Keywords

Cooperative, Student Teams Achievement Division (STAD), Pembelajaran Matematika.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.