Improving Students' Mathematics Learning Outcomes on the Subject of Building Spaces through Multiple Intelligences Learning Approach
Abstract
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Melalui Pendekatan Pembelajaran Multiple Intelligences. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 35 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman observasi, tes formatif, catatan lapangan, lembar wawancara dan kamera. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan pendekatan multiple intelligences, selain aktivitas belajar meningkat, siswa juga menjadi aktif, lebih semangat dalam mengikuti pelajaran, mempunyai kemauan untuk mengemukakan pertanyaan dan menjawab pertanyaan, sehingga terjalin hubungan timbal balik yang harmonis antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa. Hasil evaluasi siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 61,71, pada siklus II nilai rata-rata 70,93 dan pada siklus III rata-rata 86,29. Berdasarkan hasil penelitian ini, guru sekolah dasar disarankan menggunakan pendekatan multiple intelligences sebagai alternatif dalam mengajarkan matematika dengan melibatkan beberapa kecerdasan siswa dan mengaktifkan siswa dalam belajar sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa menjadi meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.