The Use of Picture Series Media as an Effort to Improve Story Writing Ability in Indonesian Language Learning

Muhammad Hadi

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengajar bahasa Indonesia adalah meningkatkan kemampuan menulis sebuah karangan dengan memanfaatkan sebuah media. Salah satunya adalah media gambar, karena media gambar dapat merangsang minat siswa sehingga daya imajinasinya timbul dan dituangkan dalam bentuk karya tulis yaitu sebuah karangan. Melalui pemanfaatan media gambar akan dianalisis untuk mengetahui apakah media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis sebuah karangan cerita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif kuantitatif. Dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Ronggo 01 Kecamatan Jaken Kabupaten Pati dengan jumlah siswa 16 anak. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi dan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dalam menulis sebuah karangan dari siklus I dan siklus II. Pada kegiatan siklus II ketuntasan minimal meningkat daripada pembelajaran siklus I. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar 5 anak dengan prosentase ketuntasan 31,25%. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar 14 anak dengan prosentase ketuntasan 87,5%. Ini berarti bahwa pemanfaatan media gambar dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis sebuah karangan.

Keywords

media, gambar seri, menulis karangan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.