The Use of Kongrit Media to Improve Motivation and Learning Outcomes of Mathematics Addition and Subtraction Materials for Grade 2 Students at SD Negeri Kebonromo 1

Rinda Dewi Agustina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui penggunaan media kongrit dapat meningkatkan motivasi belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan pada siswa kelas II SD Negeri Kebonromo 1 (2) Mengetahui penggunaan media kongrit dapat meningkatkan hasil belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan siswa kelas II SD Negeri Kebonromo 1. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas II SD Negeri Kebonromo 1 tahun ajaran 2021/2022, dengan subyek penelitian yaitu siswa sejumlah 15. Instrumen penelitian menggunakan tes, observasi, dan angket. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan siswa kelas II SD Negeri Kebonromo 1 dapat ditingkatkan dengan penggunaan media benda kongrit. Persentase motivasi belajar siswa :siklus I 3,04%, dan siklus II 3,60%.Persentase hasil belajar :siklus 1 60% dan siklus II 87%. Indikator keberhasilan kinerja dalam penelitian ini : 1) meningkatnya motivasi belajar siswa dengan persentase sebesar 80%, 2) meningkatnya hasil belajar mencapai KKM ≥ 70, dan secara klasikal disebut tuntas belajar bila dikelas terdapat ≥ 80% yang telah mencapai KKM.

Keywords

motivasi belajar, hasil belajar , matematika, benda kongrit

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.