Teacher'S Strategy In Overcoming Difficulties Of Learning Mathematics In Class V Students Of SD Negeri 4 Menndenrejo

Akhmad Mugiono

Abstract

Penelitian ini bertujuan mensdeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 4 Mendenrejo. Pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa 9 orang siswa kelas V SD Negeri 4 Mendenrejo. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan timbulnya kesulitan belajar matematika pada siswa: (1) Faktor internal siswa yakni, hal-hal atau keadaan yang berasal dari dalam siswa sendiri meliputi (a) rendahnya intelektual/intelegensi siswa. (b) labilnya emosi dan sikap. (2) Faktor eksternal siswa meliputi semua situasi dari kondisi lingkungan sekitar yang tidak mendukung aktivitas belajar siswa. (a) Lingkungan keluarga, Strategi yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika yaitu memberitahukan tentang kelebihan dan kelemahan siswa. (b) Lingkungan masyarakat. Strategi yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika yaitu dengan menggunakan media pembelajaran seperti media audio visual, dan (c) Lingkungan sekolah.

Keywords

Strategi guru, kesulitan belajar, matematika SD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.