The Use of Picture Media in an Effort to Improve Students' Understanding and Learning Outcomes in Science Subjects About Grouping Living Things

Tuti Widjajanti

Abstract

Untuk mencapai tujuan pendidikan sudah seharusnya guru dalam menjalankan kegiatan pembelajaran harus membuat RPP, agar proses belajar mengajar lebih tersusun sehingga mempermudah guru mengobservasi hasil dari pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini diambil dari permasalahan “Bagaimana upaya penggunaan media gambar dalam upaya meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang Pengelompokkan Makhluk Hidup bagi siswa kelas III di SDN Harapan Jaya IV di Kecamatan Bekasi Utara?”, Tujuan Penelitian ini adalah : untuk mengungkapkan pengaruh media gambar dalam upaya meningkatkan Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak tiga putaran, setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, refleksi dan revisi. Data yang diperoleh dari hasil tes formatif. Dari hasil analisis didapatkan hasil belajar siswa meningkat dari setiap siklus yaitu prasiklus (26 %), Siklus 1 (56 %) dan siklus 2 (77%).penelitian dengan menggunakan media gambar pada materi pengelompokan makhluk hidup berdampak positif karena membuat guru lebih kreatif dalam menyajikan materi pembelajaran sehingga dapat meningatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.

Keywords

Media gambar, meningkatkan pemahaman, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.