Improving Student Learning Outcomes Through Problem Based Learning Model

Agus Geger Putranto

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia tema energi dan perubahannya dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD Negeri 3 Jatiroto pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 9 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 56%, dan siklus II meningkat menjadi 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Keywords

problem based learning, hasil belajar, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.