Hots Learning In Mathematics Students Of Class V SD Negeri Pesawahan 03

Indarti Indarti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa kelas V pada materi Penyajian Data dengan model pembelajarandiscovery learning yang berorientasi HOTS. di salah satu Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kecamatan Binangun. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes tertulis berupa soal esai sebanyak 12 soal yang sudah valid dan reliabel. Data hasil penelitian dibagi ke dalam 5 kategori, yaitu kategori kurang sekali 92%, kategori kurang 4%, kategori cukup 0%, kategori baik 4% dan kategori sangat baik 0%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa HOTS siswa kelas V di SD secara umum masuk ke dalam kriteria kurang sekali. Faktor yang menyebabkan HOTS siswa pada kriteria kurang sekali yaitu siswa kurang terlatih dalam menyelesaikan soal-soal HOTS, kurang mengerti terhadap materi yang diajarkan dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari, kurang teliti dalam proses pengerjaan soal dll. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan HOTS siswa adalah melalui beberapa saran terkait upaya meningkatkan HOTS siswa, berupa solusi dari dugaan penyebab sebelumnya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Dsicovery Learning.

Keywords

keterampilan berpikir tingkat tinggi, pembelajaran penemuan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.