Increasing Interest And Learning Outcomes Of Indonesian Language Writing Materials Through The Example Non Example Method In Glonggong 2 State Elementary School In Class 1 Students In 2019/2020

Endang Dwi R

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis dan hasil belajar siswa kelas 1 semester 1 pada pembelajaran tema 1 Diriku di SD Negeri Glonggong 2 melalui metode Pembelajaran Examples Non Examples tahun pelajaran 2019/2020.Metode Example Non Example memungkinkan siswa lebih aktif danmudah memahami konsep menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menulis dan hasil belajar siswa kelas 1 semester 1 pada pembelajaran tema 1 Diriku di SD Negeri Glonggong 2 melalui metode Pembelajaran Examples Non Examples tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini terbukti dari rata-rata prosentase pada tiap-tiap indikator minat belajar siswa kelas 1 pada tiap siklus yaitu 1) tulisan rapi sebesar 47,37%, 71,05%, 97,37%, 2) tulisan jelas sebesar 42,11%, 71,05%, 97,37%, 3) tulisan sesuai dengan panduan sebesar 44,74%, 68,42%, 94,74%, dan 4) tulisan bisa terbaca sebesar 44,74%, 68,42%, 92,11%. Selain itu berdasarkan hasil belajar tema 1 siswa diperoleh data tiap siklus, rata-rata hasil belajar siswa 70,63; 78,13; 87,50 dengan prosentase 47,37%; 68,42%; 97,37% dan mengalami peningkatan tiap siklus dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu sebesar 75%.

Keywords

Metode pembelajaran Examples Non Examples, kemampuan menulis, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.