Improving Mathematics Activities and Learning Outcomes Through The Number Head Together (NHT) Model Based on Realistic Building Materials in Class IV Semester 2 SD Negeri 1 Kumejing Academic Year 2020/2021

Havid Indra Susila

Abstract

Abstrak dalam bahasa Indonesia mengikuti kaidah dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Number Head Together (NHT) Berbasis Realistik pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas IV Semester 2 SD Negeri 1 Kumejing Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model NHT berbasis realistik di kelas IV SDN 1 Kumejing. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas melalui model NHT berbasis realistik yang terdiri dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Kumejing. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 17,9 dengan kategori baik, siklus II meningkat menjadi 26,5 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 67,5 dengan persentase 60% siswa tuntas belajar dan meningkat pada siklus II yaitu rata-rata 74,7 dengan persentase 80%. Kesimpulan penelitian adalah melalui model NHT berbasis realistik dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar matematika.

Keywords

aktivitas siswa, hasil belajar, model NHT Berbasis Realistik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.