Using Image Media to Improve Mathematics Learning Outcomes in Class 1B Students of SDN 014 Cigondewah

Endang Tresnawati

Abstract

Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas 1B SDN 014 Cigondewah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun datar melalui media gambar pada siswa kelas 1B SDN 014 Cigondewah tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan oleh peneliti yang berperan sekaligus sebagai guru di kelas 1B, berkolaborasi dengan guru kelas 1D sebagai observator, dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 1B SDN 014 Cigondewah tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, melalui LKPD, wawancara, dan tes akhir melalui lembar evaluasi. Jenis data penelitian ini adalah data kuantitatif berupa data hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Aspek yang diukur dalam indikator kinerja penelitian ini adalah ketuntasan hasil belajar matematika materi bangun datar menggunakan media gambar dengan persentase yang ditargetkan sebesar 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media gambar dapat meningkatkan hasil belajar matematika dengan persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 53,57% dan siklus II 85,31%. Jadi, penggunaan media gambar dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun datar

Keywords

media gambar, hasil belajar, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.