Increasing Learning Outcomes And Story Ability Skills Through Pupon Pup Media In Class III Students Elementary School 02 Botok

Warsiti Warsiti

Abstract

Tujuan Penelitian adalah (1) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan media Boneka Wayang (2) Meningkatkan kemampuan keterampilan bercerita siswa melalui penggunaan media Boneka Wayang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 02 Botok Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan unjuk kerja, Teknis analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Desain penelitian menggunakan empat tahapan utama yaitu: (a) perencanaan (planning); (b) tindakan (acting); (c) pengamatan (observing); (d) refleksi (reflecting). Indikator keberhasilan hasil belajar mencapai batas KKM ≥70 dan kemampuan keterampilan bercerita memperoleh nilai ≥70 (terampil) mencapai 80%. Hasil penelitian: 1) Persentase hasil belajar siswa dalam bercerita meningkat pada kondisi pra siklus belum mencapai KKM, siklus 1 mengalami peningkatan 62,5% (10 siswa), dan pada siklus 2 sebesar 87,5% (14 siswa) dari 16 siswa. 2). Persentase kemampuan keterampilan siswa dalam bercerita meningkat pada kondisi pra siklus belum terampil, siklus 1 mengalami peningkatan 56,25% (9 siswa), dan pada siklus 2 sebesar 81,25% (13 siswa) dari 16 siswa. Dengan meningkatnya hasil tersebut maka penelitian dinyatakan berhenti.

Keywords

hasil belajar, keterampilan bercerita, media boneka wayang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.