Improving Science Learning Achievement In Plant Classification With Real Media In Class III Students Of SD Negeri 2 Sikunang

Sutini Dwi Kasmini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III dalam pelajaran IPA tentang Penggolongan Tumbuhan dengan menggunakan media sesungguhnya di SD Negeri 2 Sikunang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ).Langkahnya terdiri dari siklus – siklus. Masing – masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 2 Sikunang yang berjumlah 12 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan pengamatan langsung dan tes. Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dan tiap – tiap siklus diakhiri dengan tes, sehingga diketahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar pada siswa. Dari hasil penelitian sebanyak 12 siswa, pada pra siklus diperoleh nilai rata- rata 56,25 , pada siklus I diperoleh nilai rata – rata 59,41 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 74,31. Pada pra siklus siswa yang mendapat nilai diatas 60 keatas hanya 4 siswa (30%), pada siklus I siswa yang mendapat nilai 60 keatas sebanyak 6 siswa (50%) dan pada siklus II siswa yang mendapat nilai 60 keatas sebanyak 10 siswa (83%). Terlihat ada peningkatan yang berarti. Dari keseluruhan siklus yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa peneliti mampu miningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas III SD Negeri 2 Sikunang.

Keywords

prestasi belajar, media sesunggunya, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.