Increasing Achievement In Learning Mathematics The Concept Of Fractions And Their Sequences Through The Demonstration Method In Class IV SD Negeri Buntu 01 Kroya District Class Iv Semester 1 Buntu State Elementary School 01 Academic Year 2019/2020

Suharti Suharti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika, materi pokok pecahan dan urutannya melalui metode demonstrasi di kelas IV SDN Buntu 01 Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Buntu 01, yang berjumlah 13 siswa. Metode yang digunakan dalam perbaikan pembelajaran ini adalah metode demonstrasi. Data yang diperoleh melalui hasil evaluasi siswa dan pengamatan oleh observer. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap siklus ada kemajuan terbukti pada pra siklus 13 siswa hanya 5 anak yang mencapai nilai >63 atau hanya 38,48% yang tuntas. Kemudian penulis melaksanakan perbaikan pembelajaran siklus I dimana dari 13 siswa sebanyak 8 siswa atau 61,53 % mendapat nilai >63 diatas KKM. Maka peneliti mengadakan rencana perbaikan pembelaran siklus II dimana dari 13 siswa semua tuntas 100% atau mendapat nilai diatas KKM yaitu >63 di atas KKM. Hal ini membuktikan bahwa melalui metode demontrasi siswa dapat memecahkan permasalahan sendiri dalam pelajaran matematika, materi pokok mengurutkan pecahan sehingga prestasi belajar meningkat.

Keywords

matematika, keaktifan, prestasi belajar, demontrasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.