Using The Problem Based Learning Model to Improve Mathematics Learning Outcomes for Comparison and Scale Materials for Students of Class V SD Negeri Pagedangan 02 Semester 1 The 2019/2020 Academic Year

Titik Agustina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran matematika yang berorientasi HOTS pada siswa kelas V SDN Pagedangan 02. Cara yang digunakan dalam pelaksanaan praktik baik ini adalah menerapkan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran problem-based learning (PBL). Dengan langkah-langkah: pemetaan KD, analisis target kompetensi, perumusan indikator pencapaian kompetesi, penyusunan perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti pada saat pembelajaran matematika berlangsung. Pada kenyatannya dalam belajar siswa langsung disuguhi rumus-rumus ataupun teorema tentang konsep tertentu. Akibatnya siswa kurang memahami konsep tersebut. Hal ini menyebabkan tujuan pembelajaran yang sebenarnya tidak tercapai. Hasil yang dapat dilaporkan dari praktik baik ini adalah proses pembelajaran matematika yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran PBL berlangsung aktif, meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan transfer knowledge, meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis. juga meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah (problem solving). Jadi, model PBL dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika.

Keywords

problem base learning, hasil belajar, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.