Improving Student's Learning Motivation on Fraction Counting Operations Using Concrete Objects in Class V SDN Bojongwetan

Siti Halimah

Abstract

Berdasarkan pembelajaran yang dilakukan diketahui adanya masalah bahwa aktivitas belajar peserta didik kelas V di SD Negeri Bojongwetan Kec. Bojong kab. Pekalongan pada pembelajaran Matematika materi Hitung Pecahan masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media konkrit di Kelas V SD Negeri Bojongwetan Kec. Bojong Kab. Pekalongan. Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 54 %, dapat meningkat menjadi 89 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan media konkrit dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan ketuntasan mencapai 90 %.

Keywords

motivasi belajar, matematika, media kongkrit

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.