The Use of Concrete Objects to Improve Student Learning Outcomes on Simple Fractions for Grade III Elementary School

Yeni Puspitaningrum

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan Sederhana kelas III SD Negeri Citepus 01 tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD negeri Citepus 01 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan dari hasil tes pilihan ganda dan isian singkat. Analisis data dilakukan dengan menganalisis kuantitatif dan kualitatif, untuk mengetahui tuntas atau tidak tuntasnya belajar siswa. Berdasarkan hasil belajar dari prasiklus, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada prasiklus hasil belajar 43% dan mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 69%, sedangkan siklus II lebih meningkat lagi yaitu hasil belajar mencapai 91%. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan benda konkret dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa kelas III SDN Citepus 01 pada mata pelajaran Matematika tentang materi pecahan sederhana.

Keywords

benda konkret, pecahan sederhana, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.