Increasing Activities and Learning Outcomes in Information Courses Applying Media Blended Learning with Discovery Learning Approach in Class XI MIPA 1 Bae Kudus SHS 2021/2022 Academic Year 2021/2022

Muqorobin Muqorobin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran Informatika materi Teknik Jaringan dilaksanakan dengan media pembelajaran Blended Learning yaitu daring dan luring dengan pendekatan Discovery Learning di SMAN 1 Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI 36 siswa. Objek penelitian adalah aktivitas dan hasil belajar. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan presentase. Skor rata-rata peningkatan aktivitas dan hasil belajar kondisi awal sebesar 55,56. Pada siklus I meningkat menjadi 85,44 dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata- rata 88,76. Dari segi kriteria ketuntasan Minimal (KKM) pada pratindakan siswa yang mencapai KKM (75) sebesar 55,56%, pada siklus I meningkat menjadi 82,35% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,76% sedangkan persentase peningkatan aktivitas belajar pada siklus I 82,35% meningkat pada siklus II menjadi 88,76%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan.

Keywords

Aktivitas, hasil belajar, blended learning, discovery learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.