Efforts to Improve Student Motivation and Learning Outcomes through Model Based Learning

Miftachul Khasanah

Abstract

Tujuan meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian siswa kelas III SDN Cepokokuning.Prosedur penelitian ini dengan dua siklus. Variabel penelitian ini adalah problem based learning (PBL), motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa.Tehnik pengumpulan data observasi, angket dan lembar tes.Instrumen penelitian lembar observasi, lembar angket dan lembar tes.Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II rata-rata observasi guru 27 meningkat menjadi 28 sedangkan rata-rata skor motivasi belajar siswa meningkat yaitu 32,75 menjadi 34,80. Data hasil belajar sikap pada siklus I adalah 3,59 meningkat pada siklua II menjadi 3,64. Data rata- rata hasil belajar pengetahuan pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal 72,22% dengan kriteria belum tuntas dan meningkat pada siklus IImenjadi 82,88 % dengan kriteria tuntas. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar.

Keywords

Problem Based Learning (PBL), motivasi, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.