Improvement of Motivation and Reading Skills Through Contextual Learning Methods in Class II Students at Sambi III Sambirejo Sragen Elementary School Semester I 2018/2019

Diyah Mulatsih Ambarwati

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan membaca dengan metode pembelajaran kontekstual pada materi pembelajaran membaca siswa kelas II SD Negeri Sambi III Kecamatan , Sragen tahun pelajaran 2019/2020. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Sambi III sejumlah 29. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar Bahasa Indonesia dalam materi membaca siswa kelas II pada sebelum siklus I sebesar 64, pada siklus II Pertemuan II sebesar 79, sehingga terdapat kenaikan nilai rata-rata dari sebelum siklus ke setelah siklus II pertemuan II sebesar 15 %. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan metode konstektual mampu meningkatan motivasi dan keterampilan membaca pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa.

Keywords

Kemampuan membaca, metode pembelajaran kontekstual

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.