Improving Science Learning Results Through Saintificial Approach with Interactive PowerPoint Media
Abstract
Hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Pucakwangi 02 tergolong rendah yaitu sebesar 64% dibawah KKM dan nilai rata-rata sebesar 58. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar, aktivitas siswa serta peningkatan keterampilan guru. Hasil belajar siswa siklus I sebesar 68%, siklus II menjadi 76%, dan siklus III menjadi 84%. Aktivitas siswa siklus I mendapat skor rata-rata 16,92, siklus II menjadi 19,44 dan siklus III menjadi 23,4. Keterampilan guru siklus I mendapat siklus II menjadi 25 dan siklus III menjadi 29. Dengan demikian melalui penerapan pendekatan saintifik dengan media Powerpoint interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.