Improving Mathematics Learning Outcomes in Building Materials Through the Examples Non-Examples Method
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Sijambe. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Sijambe yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan sumber. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif, sedangkan analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Examples Non-Examples dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pembelajaran matematika. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 80,00%, pada siklus II sebesar 93,33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Examples Non-Examples dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar pada materi pembelajaran matematika.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.