Application of the Problem Based Learning (PBL) Model to Improve IPA Learning Results in Class V Students SD Negeri 2 Mojayan Central Klaten District Klaten District
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri 2 Mojayan dengan menerapkan PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dua siklus dimana tiap siklus terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 2 Mojayan berjumlah 20 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan penerapan PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri 2 Mojayan. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas 45% (9 siswa) pada kondisi awal menjadi 60% (12 siswa) pada siklus I dan 85% (17 siswa) pada siklus II. Penelitian dikatakan berhasil dengan indikator keberhasilan yaitu 80 persen mencapai KKM ≥70.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.