Use of Number Card Props to Improve Students' Mastery of Addition and Subtraction for Grade 1 Students at SDN 261 Margahayu Raya Kotamadya Bandung

Ida Faridawati

Abstract

Berdasarkan hasil observasi penulis pada siswa kelas 1 di SDN 261 Margahayu Raya perolehan nilai masih relatif rendah. Dari hasil pengamatan selama proses pembelajaran matematika pada penjumlahan dan pengurangan sebanyak 21 siswa dari 40 siswa memperoleh nilai dibawah KKM, selama pembelajaran berlangsung 41% aktif, 35% kurang aktif dan 24% tidak aktif pada saat KBM, peneliti menggunakan metode ceramah dan gambar bilangan pada papan tulis. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data diantaranya yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat terlihat dari perolehan nilai rata-rata telah memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu mulai prasiklus yaitu 65,4 dan pada siklus 1 meningkat menjadi 77,8 sedangkan pada siklus 2 meningkat pesat 84,4.

Keywords

alat peraga, kartu bilangan, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.