Increasing Motivation and Achievement in Science Learning through Picture and Picture Models for Class V Students at SDN Mutihwetan Academic Year 2020/2021

Praptika Hidayati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada materi IPA sangat rendah. Untuk merespons hal itu maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode picture dan picture yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada kelas 5 dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang. Penelitian ini mengukur seluruh ranah yang ada pada hasil belajar, yaitu: kognitif, afektif dan psikomotor.Langkah-langkah dalam metode picture dan picture diantaranya 1. Penyajian kompetensi 2.Presentasi materi 3.Penyajian gambar 4.Pemasangan gambar. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada setiap ranah di tiap siklusnya. Dengan metode picture and picture siswa mendapatkan pengalaman belajar langsung sehingga pembelajaran lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari data maka direkomendasikan kepada para guru untuk menggunakan metode picture and picture dalam pembelajaran IPA di SD untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords

metode picture and picture

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.