ncreasing Learning Outcome of Counting Operations in Class VI Students of SDN 2 Eromoko Through The Jigsaw Learning Model for The Academic Year 2021/2022

Erni Kurniati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran, peningkatan aktifitas, dan hasil belajar materi operasi hitung bilangan bulat dengan penggunaan model pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas VI tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI SDN 2 Eromoko pada materi operasi hitung bilangan bulat. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini mencakup dua siklus dengan tahap-tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Keaktifan tindakan pada setiap siklus diukur dari hasil observasi dan non tes. Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penggunaan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar membaca peserta didik kelas VI SDN 2 Eromoko tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini dapat dibuktikan bahwa rata-rata pada prasiklus 59,80 meningkat pada siklus 1 adalah 65,80 meningkat lagi pada siklus II rata-rata nilai menjadi 80,60. Dan terlihat juga dari ketuntasan klasikal yaitu pada prasiklus sebesar 20% meningkat disiklus 1 menjadi 60% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 90%.

Keywords

model pembelajaran jigsaw, aktivitas belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.