Scrapbook in Improving Students’ Comprehension Reading Ability

Arifiani Tejowati

Abstract

Lancar membaca tidak serta merta menjamin mengerti apa yang dibaca. Hal ini masih banyak terjadi pada kebanyakan orang tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Seorang peserta didik yang lancar membaca belum tentu memahami apa yang mereka baca. Di lain sisi, kemampuan membaca peserta didik akan sangat berpengaruh terhadap penyerapan materi-materi pelajaran yang ada. Untuk itu, peningkatan kemampuan dalam membaca pemahaman harus dilakukan salah satunya dengan menggunakan media scrapbook. Melalui penggunaan media scrapbook diharapkan antusias peserta didik terhadap kegiatan membaca lebih meningkat dan akan berimbas terhadap kemampuan memahami bacaan. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan terhadap peningkatan kemampuan peserta didik dengan menggunakan media scrapbook termasuk di dalamnya kemampuan membaca pemahaman, diperoleh hasil bahwascrapbook efektif untuk digunakan.

Keywords

membaca, pemahaman, scrapbook

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.