Increasing Learning Outcomes of Leaf Science and Its Functions Through Jigsaw Model Cooperative Learning in Class IV Students of SD Al Mardliyah, Kaliwungu District Kendal

Sri Wahyuningsih

Abstract

Perkembangan kognitif anak usia SD berada pada tingkat operasional konkrit, yaitu perkembangan kemampuan berpikir dengan objek benda-benda nyata (konkrit). Selain media belajar, pemilihan metode dan model belajar yang tepat dapat membangkitkan minat belajar siswa, sehingga muncul rasa keingintahuan untuk mengetahui dan mempelajari sesuatu yang menarik bagi mereka. Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPA terhadap materi pembelajaran, sehingga dapat mencapai ketuntasan klasikal 75%. Metode penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Cara pengumpulan data diambil dari kegiatan observasi dan tes pada akhir siklus. Analisa data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode dan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar IPA diperlihatkan perolehan hasil belajar siklus I rata-rata 76,9 dengan ketuntasan klasikal 74%, dan pada siklus II nilai rata-rata 79,6 dengan ketuntasan klasikal 86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SD Al Mardliyah Kecamatan Kaliwungu Selatan.

Keywords

hasil belajar, model jigsaw, pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.